Langsung ke konten utama

Review Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) UNS

Review Artikel Bagaimana Memiliki Kemampuan Kewirausahaan
[F0219017] [Anisah Qory Fakhirah] Penulis Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

A.    Latar Belakang
Kewirausahaan adalah kemampuan orang yang kreatif dan inovatif ketika melihat peluang yang mampu menciptakan bisnis yang terus bertumbuh. Wirausaha menjadi satu – satunya tenaga yang dapat menjadi pemimpin dalam suatu usaha. Hal itu dikarenakan wirausaha dapat berperan sebagai perancang strategi dari perusahaan yang akan dijalankan. Kemampuan kewirausahaan akan berpengaruh terhadap cara perumusan tindakan – tindakan dari strategi yang telah ditetapkan. Kemampuan ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan dalam menangkap peluang yang ada sehingga mampu menjadikan perusahaan tersebut unggul dan dapat memperoleh laba. Pemberian pelatihan kemampuan kewirausahaan harus dilakukan dengan mengajarkan melalui pendidikan dan pelatihan kerja nyata, seperti magang, bukan hanya dengan memberikan materi tentang berwirausaha yang baik. Dengan hal ini, semua orang dari berbagai kalangan memiliki kesempatan yang sama untuk menangkap berbagai peluang yang ada di masyarakat. UNS sudah menerapkannya dengan menjadikan kewirausahaan sebagai mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa UNS.
Selama ini, banyak topik yang membahas tentang bagaimana cara melatih kemampuan kewirausahaan yang sangat erat kaitannya dengan usaha kecil menengah dan masyarakat. Salah satu media yang sering membahas kewirausahaan adalah FEB UNS , yaitu di Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM). Namun, beberapa media lainnya, seperti UNS , Jurnal UNS , FIB UNS , dan FISIP UNS juga ikut membahas. Hal ini dikarenakan kemampuan kewirausahaan bersifat universal dimana semua bidang membutuhkan kemampuan ini. Namun, kemampuan kewirausahaan ini tidak muncul pada setiap orang secara maksimal. Oleh karena itu, pelatihan kewirausahaan wajib untuk digerakkan.
B.     Tujuan Artikel Ilmiah
Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan kewirausahaan pada setiap orang agar dapat memecahkan berbagai macam permasalahan di masyarakat secara kreatif dan inovatif dengan memberikan arahan dan motivasi.
C.     Pembahasan
Scholl Hammer dan Acar (1993) berpendapat bahwa kemampuan wirausaha dapat meningkatkan usaha kecil, sudah waktunya wirausaha mempelajari manajemen usaha yang modern baik manajemen sumberdaya manusia, keuangan, pemasaran dan strategi usaha.
Karakteristik wirausaha adalah seseorang yang mempunyai motivasi tinggi dan mampu menangkap peluang akan memiliki kinerja yang tinggi. Hal itu dikarenakan ada hubungan antara kinerja dan motivasi (Munandar, 2001).
Cara mananamkan kemampuan kewirausahaan dalam diri seseorang adalah dilatih untuk menjadi teknisi, yaitu magang pada usaha keluarga ataupun kerabat sehingga akan muncul kemampuan untuk berwirausaha secara mandiri.
Manfaat yang dapat muncul dalam kemampuan kewirausahaan seseorang adalah untuk membangun sebuah bisnis sehingga dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Hal ini dikarenakan ketika ada peran wirausaha di dalam suatu negara dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran yang ada di masyarakat.
Kelebihan yang didapatkan dengan menjadi wirausaha :
1.      Menambah wawasan
2.      Menyalurkan hobi
3.      Koneksi semakin luas
4.      Membuka kesempatan kerja
5.      Menolong negara dalam menghadapi permasalahan masyarakat
D.    Kesimpulan
Kewirausahaan adalah kemampuan yang sangat penting dalam hidup bernegara karena selain bermanfaat untuk diri sendiri, akan bermanfaat untuk orang lain.
Para wirausaha diharapkan dapat mengikuti pelatihan secara intensif agar mampu memberikan perubahan dalam masyarakat. Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja, masalah permodalan, perluasan pasar, dan perluasan kewiraushaan ke arah yang lebih baik.
Untuk itu, setiap orang wajib memiliki kemampuan kewirausahaan agar dapat menjadi solusi dalam bermasyarakat.

Komentar